Perjalanan Ngeblog

Perjalanan Ngeblog

Ngeblog itu asyik, bisa melatih imajinasi dan keterampilan menulis. Menuangkan apa yang ada di pikiran kita menjadi sebuah catatan yang bisa dibaca oleh siapa saja. Sungguh sesuatu yang sangat menyenangkan!

Cerita ini dimulai sewaktu saya masih duduk di bangku SMK. Yah, di jaman-jamanya masih suka pecicilan dan agak gesrek itu, saya mulai mengenal blog.


Saat masih kelas X (September 2014), saya dan teman-teman sekelas dikenalin dengan yang namanya “blog” oleh Pak Arya.

Kebetulan blog yang diperkenalkan waktu itu adalah www.burung-net.com milik Senpai Faiz, senpai kelas XII dari jurusan Akuntansi.

Perjalanan Ngeblog

Pak Arya bilang bahwa dengan blognya, senpai kami itu sudah bisa dapet duit sendiri. Lumayanlah buat jajan sehari-hari.

Nah, disini saya agak bingung dan heran. Kenapa ada anak Akuntansi yang bisa bikin blog kaya gitu? Dan darimana blognya bisa menghasilkan uang?

Sekelumit pertanyaan itu menumpuk di kepala hingga sesi PDKT dengan blog, berakhir.

Pak Arya terus ngasih tugas bikin blog dan kudu diisi artikel. Isinya bebas, boleh tugas atau materi pelajaran.

Dengan berbekal HP Nokia C3-00 bekas, saya mulai ngulik ilmu blogging dengan baca sana sini. Belajar nulis konten yang bagus, buat judul yang keren hingga teknik SEO (Search Engine Optimazitation) meski baru dasar-dasarnya saja.

Saya juga banyak belajar dari blognya Senpai Faiz entah itu dari desain blog hingga gaya penulisannya. Simpelnya, blog ini jadi ‘role’ utama saya sewaktu belajar ngeblog.

Blognya Habib (teman sekelas) yang beralamat www.habibullahurl.com juga jadi salah satu panutan saya. Doi jadi teman belajar saya sewaktu masih belajar ngeblog. Soal kegiatan blogging, doi ini sudah memulainya sejak SMP. Nggak heran kalau pengalamannya sudah cukup banyak ketimbang saya yang baru saja memulai.

Perjalanan Ngeblog

Karena saya belum punya laptop waktu itu, saya jadi sering ke warnet demi belajar ngeblog sekaligus download film. Berkat bantuan Mbah Gugel, saya akhirnya bisa membuat blog pertama saya yang beralamatkan asrurrifa.blogspot.com. Sayangnya, blog itu nganggur lama karena email yang bermasalah.

Saya juga sempat bikin blog dengan platform MyWapBlog karena bisa dioperasikan lewat HP. Sayang, lama kelamaan saya jenuh dengan plaftorm itu karena fitur-fiturnya yang kurang memuaskan.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya saya dibeliin laptop sama Ayah saya. BESSS! Langsung deh saya bikin blog baru lagi dan mraktekin ilmu yang sudah ada di ubun-ubun.

Awal-awal bikin blog, saya hobi banget tuh copas artikel orang. Selain gampang, cara ini juga nggak perlu mikir pake otak. Cukup CTRL + C dan CTRL + V, maka artikel udah bisa terbit.

Tapi, semakin saya belajar ngeblog, saya akhirnya sadar bahwa copas itu nggak baik. Masa iya mau enaknya doang?

Setelah dapat hidayah, saya mulai nyobain nulis secara manual. Saking ‘ngototnya’, saya bahkan nulis rancangan terlebih dulu di kertas lalu diketik ulang pake laptop.

Saya cari referensi artikelnya di Gugel, saya catat poin pentingnya lalu saya tulis dengan gaya bahasa sendiri. Kalau ada kata atau kalimat yang kurang sreg, saya hapus dan ganti dengan yang lebih pas.

Kerjaan semacam ini jelas bikin puyeng dan menyita waktu. Tapi, dimana-mana yang namanya belajar memang seperti itu. Selalu butuh proses!

Tulisan-tulisan itu saya posting di blog asrur07.blogspot.com yang alamatnya saya ganti menjadi asrurr.blogspot.com.

Awalnya, asrurr.blogspot.com saya isi dengan artikel seputar blogging. Namun karena ilmunya masih cetek, topik blognya saya ganti lagi jadi pelajaran sekolah.

***

Memasuki kelas XI tepatnya pada Juni 2015, saya bikin blog baru lagi. Di titik ini, keseriusan saya mulai diuji. Banyak hal yang tidak diinginkan terjadi, namun itu hanyalah awal. Something big is coming....

Blog asrurrifa.blogspot.com saya ganti lagi topiknya jadi blog personal. Isinya khusus membahas uneg-uneg dan pengalaman pribadi saya. Semua artikel yang berhubungan dengan ‘pelajaran sekolah’ saya hapus dan saya alihkam ke blog yang baru.

Blog baru ini saya kasih nama Siswa Master (www.siswamaster.blogspot.com). Blog ini benar-benar saya niatkan buat berbagi dan ngasilin duit. Saya fokus-in di satu topik saja, yaitu pendidikan.

Kenapa saya pilih topik ini?

Yang jelas karena lebih gampang dikembangin. Saya bisa nyari ide penulisan dari materi pelajaran. Selain itu, topik ini juga ngebantu banget biar saya lebih paham sama materi yang agak susah dimengerti. Bahasa kerennya sih, sambil menyelam minum air!

Setelah berbulan-bulan ngebangun blog, artikel di blog saya jadi cukup banyak. Traffic pun mulai kelihatan mulai dari 300 - 500 pengunjung per hari. Sampai di titik ini, saya bener-bener sumringah.

Pernah blog saya tembus 700 pengunjung per hari sehingga tingkat sumringah saya menjadi-jadi. Dengan jumawanya, saya screenshoot dashboard bloggernya terus upload ke Facebook. Maklumlah, newbie itu hawanya emang pengin pamer, ingin diakui.

Sialnya, perilaku buruk ini berujung petaka. Akun saya kena Hack oleh teman Silat sendiri. Loh kok bisa? Wajar sih, dulu saya pernah ngasih username dan password email ke doi.

Doi tanpa persetujuan dari saya, langsung daftarin blog saya begitu saja ke Google AdSense. Hasilnya? Blog saya ditolak mentah-mentah karena konten dan traffic yang tidak memadai.

***

Ketika traffic blog melonjak hingga ribuan pengunjung per hari (kalau nggak salah), saya ngganti domain blog jadi www.siswamaster.com biar keliatan keren dan professional. Selain ganti domain, saya juga beli template premium biar desain blognya lebih minimalis dan enak dibaca.

Dengan perbaikan ini, saya berharap blog saya bisa diterima oleh Google AdSense. Sayangnya, blog saya BERHASIL DITOLAK. Ditolaknya bahkan bukan cuman sekali, tapi berkali-kali. Duh...

Karena NYESEK di tolak mulu, saya coba pindah haluan. Saya cari jasa periklanan lain selain Google AdSense biar blog ini bisa ngasilin duit. Saya daftar dan test selama beberapa hari, namun hasilnya nggak sesuai ekspektasi.

Manyun (teman lain kelas) yang juga sama-sama blogger malah nyaranin saya buat kerjasama AdSense dulu sama orang. Kenapa dari dulu nggak kepikiran yah? Hmmm...

Langsung deh saya cari Joint Venture AdSense yang terpercaya di internet. Nggak butuh waktu lama, saya akhirnya nemu penawaran JV AdSense dari blog Sugeng.id. Saya coba kontak adminnya dan ngajuin diri.

Setelah blog saya direview dan disetujui, saya langsung pasang iklan di blog. Waktu itu saya lega banget, akhirnya bisa juga dapet duit dari blog. Nyahaha.

Perjalanan Ngeblog

Setelah sebulan kerja sama, akhirnya saya bisa gajian untuk pertama kalinya. Bagi hasil dengan Mas Sugeng waktu itu : 70% buat saya dan 30% buat Mas Sugeng. Penasaran dapet duit berapa? Nih detailnya:
  • (Bulan Agustus) ditarik 22 september 2016 : IDR 87.072, 13
  • (Bulan September) ditarik 22 Oktober 2016 : IDR 386.509, 20
  • (Bulan Oktober) ditarik 22 November 2016 : IDR 278.682, 95
  • (Bulan November) ditarik 22 desember 2016 : IDR 83.045, 20
Meski masih receh, tapi hasil itu sangat saya syukuri sebagai “PROSES”. Setelah duit ngumpul di rekening, saya jadi kebelet beli akun AdSense.

Saya telusuri Grup Jual Beli AdSense di Facebook dan kebetulan waktu itu ada yang jual murah, cuman 250 ribu aja. Saya kontak penjualnya dan tanpa BA-BI-BU, saya langsung transfer ke rekening doi lewat ATM.

Sepulang sekolah, saya kontak mengenai kejelasan transaksinya. Sayang, nggak ada respon sama sekali. Selang beberapa hari, saya di kasih email dan password. Tapi malangnya, saya nggak bisa masuk ke akun AdSense. Saya minta klarifikasinya bagaimana, tapi doi nggak balas lagi. Doi blokir saya dan tenggelam dari bumi.

Waduh, kena tipu saya!

Untungnya, saya nggak patah semangat. Setelah dapet gajian, saya beli akun lagi tapi pakai sistem rekber (rekening bersama). Dengan jasa rekber ini, transaksi jadi lebih aman karena ada pihak ketiga sebagai perantara.

Saya akhirnya beli akun AdSense seharga 300 ribu dan di sini saya pakai jasa rekber Mas Tri Hariyanto, pemilik P-Store.net. Transaksi berjalan lancar dan saya berhasil dapet akun AdSense. Hore!

Dengan muka penuh aura bahagia, saya langsung GASS pasang iklan di blog. Dan pada 23 Januari 2017, saya akhirnya bisa gajian untuk pertama kalinya dengan akun AdSense milik sendiri.

Setelah itu, saya bisa merasakan manisnya gajian di bulan berikutnya meski butuh 2-3 bulan untuk satu kali payout.

Alhamdulillah, alhamdulillah dan alhamdulillah. 😀😀😀

Bersambung....

(Tulisan ini diperbarui pada 20 Oktober 2018)

4 komentar

  1. Keren bro.. Gagasan itu layak utk diperjuangkan. Ya..! Saya juga merasakan masa-masa tsb dan sekarang sedang muwujudkan mimpi saya membangun Rumah Blog di tempat tinggal sy dikampung. Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga gan, terimakasih komentarnya...
      artikel ini sayangnya belum diperbaharui, alhamdulillah sekarang sudah menghasilkan walau belum seberapa...

      Hapus
  2. perjalanan yang hebat, smoga sukses terus bro... btw d komentar sya baca akhirnya kini sdah dpt penghasilan dri blog. slamat ya.. Klo boleh tau, drimna dpt pnghasilannya bro? sya blogger pemula bro jd blm bnyak tau... tlong d jlasin ya thanks

    BalasHapus

Silakan berkomentar :)